Thursday, February 19, 2009

bts dipakai ramai-ramai.. setuju???^^

IRma...
1408015

Jika semua daerah menerapkan aturan menggunakan BTS bersama, maka selain tercipta penataan kota yang baik, biaya yang perlu dikeluarkan operator juga akan berkurang secara signifikan. Hanya saja, memang implementasi menara bersama tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada dua alasan. Pertama, keberadaan tower telekomunikasi sudah sedemikian banyaknya dan masing-masing operator mempunyai perencanaan jaringan sendiri-sendiri. Dan kedua, tower-tower yang sudah ada, memang tidak didesain untuk digunakan secara bersama sehingga beban yang dapat ditampung di atas menara juga terbatas.
Selain persoalan penolakan warga, hal lain yang menjadi kendala dalam pembangunan menara telekomunikasi adalah masalah penataan kota. Bayangkan saja, dengan sekitar sepuluh operator telekomunikasi yang sekarang ini giat membangun jaringan, maka yang terjadi adalah hadirnya tower yang sangat banyak.
Untuk mengatasi penambahan beban, hal itu dapat dilakukan dengan perkuatan tower. Namun tetap agar tower tidak kelebihan beban, jumlah operator yang ikut gabung juga tidak bisa banyak-banyak. Sementara untuk mensinergikan jaringan antaroperator, operator yang baru atau baru memperluas jaringan ke suatu wilayah dimana di wilayah itu sudah ada operator eksisting, dapat menyesuaikan jaringannya dengan jaringan eksisting.

Saat ini, banyak pemerintah daerah berencana membangun tower-tower baru dan menggusur tower-tower lama. Secara teknis, kebijakan ini akan berdampak terhadap layanan telekomunikasi yang diberikan pada konsumen telekomunikasi saat proses migrasi. Contohnya ketika Indosat menyatukan jaringan eks Satelindo dengan IM3 saja "Sinyal Kuat" yang didengungkan malah berakibat konsumen sering tidak mendapatkan sinyal dan butuh waktu lama untuk kembali seperti sediakala. Sulit dibayangkan bagaimana jaidnya jika tower-tower eksisting harus dirobohkan dan diganti tower baru.
Jalan tengahnya adalah untuk wilayah yang jumlah towernya sudah sangat banyak, untuk tower di atas tanah (green field) hendaknya diarahkan pada penggunaan menara secara bersama. Namun jika jumlah operator yang membutuhkan tower begitu banyak, sementara tower bersama tidak mencukupi karena keterbatasannya, pihak pemda dapat menunjuk pihak ketiga membangun tower bagi pemain-pemain baru. Dengan begitu, maka tujuan penataan kota dapat tercapai.

No comments: