Friday, February 20, 2009

Opini Dalam Memandang Industri Telematika

Opini Dalam Memandang Industri Telematika

Samuel 1408002

INDUSTRI TELEMATIKA

Industri telematika merupakan industri yang sangat berkembang sangat cepat di dunia. Dalam kehidupan manusia selalu terjadi komonikasi secara langsung ataupun tidak langsung. Manusia selalu saling bertukar segala jenis sumber informasi melalui komunikasi.

Industri Telematika sangat membantu komunikasi menjadi lebih lancar dalam keadaan apapun dan dimanapun tanpa ada jarak yang menghalangi proses komunikasi.

Kebutuhan manusia akan proses tersebut selalu meningkat dari waktu ke waktu. Contoh keadaannya adalah yang awalnya manusia hanya perlu saling berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan media surat yang hanya berisikan tulisan dan gambar yang masih membutuhkan biaya besar dan waktu lama untuk satu pesan. Seiring waktu, manusia membutuhkan komunikasi jarak jauh lainnya melalui media lain yang lebih murah, cepat, dan memuat materi lebih banyak.

Maka manusia mencari media komunikasi lainnya seperti telepon, dengan adanya telepon maka komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah, cepat, dan tepat karena dengan adanya telepon, komunikasi jarak jauh dapat sudah berupa percakapan suara langsung. Seterusnya kebutuhan tersebut masih terbatas oleh kabel yang menghambat mobilitas, dikembangkanlah telepon genggam tanpa kabel yang disebut “handphone”. Dengan adanya handphone ini maka semakin terbuka lebar perkembangan industry telematika yang meningkatkan jumlah materi komunikasi jarak jauh.

Materi komunikasi tidak hanya cukup dengan komunikasi percakapan suara, maka perkembangan menjadi lebih cepat lagi setelah handphone bisa melakukan komunikasi tulisan yang dikirim melalui jarak jauh, yang menggantikan media surat dan saat handphone tersebut mampu mengakses data internet, telematika menjadi industri yang sangat tidak terbatas.

Setiap satu orang yang memegang handphone sudah memenggam komunikasi untuk terhubung dengan seluruh dunia.

Handphone hanyalah salah satu produk dari industry telematika yang berkembang sangat cepat, masih banyak produk yang mengandalkan adanya industry telematika.

Indonesia merupakan negara yang berpenduduk padat dan terdiri dari banyak pulau terpisah, tentunya keadaan ini menuntut komunikasi jarak jauh yang lebih tinggi. Kegiatan komunikasi bisnis dan ekonomi sangat terbantu oleh adanya Industri Telematika. Maka di Indonesia selain dibutuhkan tenaga kerja yang banyak dalam mengembangkan telematika, pastinya dibutuhkan pula lebih banyak perangkat yang mampu menjalankan system Industri Telematika ini.

Industri Telematika di Indonesia sangat menarik banyak perhatian dari banyak negara tetangga, terbukti dari banyaknya penyedia layanan komunikasi dari negara tetangga yang mengembangkan usahanya di Indonesia.

No comments: